Socialize

FacebookTwitterYoutube

Hiburan yang Menyenangkan Hatimu Dunia Akhirat

” Apa persamaan orang yang sakit , orang yang sedang bekerja dan orang yang berperang ?”

” Hmm ..agak susah juga mencari persamaannya .Tapi menurutku mereka semua membutuhkan hiburan ”

” Mengapa bisa begitu ?”

” Orang sakit membutuhkan hiburan agar bisa membantu pikiran , perasaan dan jiwanya menemukan kembali kebahagiaan ,rasa rileks , rasa suka , kesenangan dan optimisme. Sebab itu membantu proses penyembuhan dan pemulihan kesehatan fisiknya ”

” Ok saya bisa menerima ,Lalu kalau orang bekerja ?”

” Masih ingatkah kejadian sejumlah artis yang terjerat kasus narkoba ?”

“Masih , memang kenapa ?”

“Para artis adalah contoh orang bekerja yang paling membutuhkan hiburan ”

“Lho , kok bisa ? Bukankah mereka justeru bekerja dan dibayar untuk menghibur banyak orang dengan profesinya itu ?”

“Begini , semua orang yang bekerja membutuhkan optimisme, rasa percaya diri , ketetapan hati , kepastian akan hasil pekerjaan .Bahkan ketika pekerjaannya memasuki masa masa berat dan sulit , orang semakin membutuhkan hiburan .Pada saat itu orang semakin membutuhkan ketenangan , ketidaktergoncangan , kesanggupan menerima kejatuhan , daya tahan merasakan kekecewaan , serta kesiapan merasakan berat dan lamanya menunggu datangnya titik terang dan jalan keluar ”

” Itu belum menjelaskan mengapa artis juga membutuhkan hiburan ”

” Begini , mereka yang bekerja dan dibayar karena melayani dan menghibur banyak orang , akan merasakan nikmatnya keberlimpahan uang, pujian ,dan senangnya menerima permintaan tanda tangan dan berfoto bersama. Tetapi kesenangan yang diperoleh dari cara ini tidak bisa langgeng memenuhi dahaga jiwa mereka terhadap kestabilan perasaan , ketenangan ,dan kebahagiaan. Sebab mereka sangat tertekan oleh sorotan publik dan olehkarenanya merasa perlu terus bisa menghibur dan menyenangkan publik .Disinilah mereka seringkali merasa amat tidak berdaya dan memerlukan sekali penguat dan penyegar jiwa. Mereka lalu mencari jenis hiburan yang dirasa jauh lebih menghibur , membantu melepaskan pikiran , perasaan dan jiwa mereka dari tekanan dan stress. ”

“Lalu ?”

” Jika mereka tumbuh sejak kecil sebagai sosok yang jauh dari kehidupan agama , maka biasanya mereka mencari pemuas dahaga jiwa terhadap hiburan itu dari menkonsumsi narkoba , alkohol , dugem dan pergaulan bebas .Sebab itu bisa memberi efek menghibur yang cepat walaupun tidak bisa memenuhi dan menghilangkan dahaga serta kekeringan jiwa itu secara permanen”

“Ada penjelasan lainnya ?”

“Akan tetapi jika mereka tumbuh dari lingkungan yang agamis umumnya mereka akan memilih dan menjadikan ruku dan sujud kepada TUHAN YANG MAHA PENGASIH dan PENYAYANG serta banyak berbagi kebaikan kepada sesama terutama yang tidak mampu , sebagai sarana utama PENGHIBUR UTAMA JIWA MEREKA ”

” Kalau begitu penjelasannya , bukan artis saja kan yang membutuhkan seperti itu? Tetapi semua orang yang bekerja , yang berat beban tanggung jawabnya , dan yang memasuki masa masa sulit dan penuh cobaan juga membutuhkan PENGHIBUR JIWA seperti itu . Termasuk aku dan kamu .Benar tidak ?

“Ya benar “

(Ust. Ahmad Arqam)

Posted by on February 5, 2013. Filed under Tazkiyah. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>