Socialize

FacebookTwitterYoutube

Hukum Kredit dalam Islam

Apakah haram hukumnya saya membeli laptop untuk usaha dengan pembayaran kredit karena belum bisa membayar secara kontan? Dan apakah hukum rezeki yang saya dapat dari laptop yang saya beli dengan pembayaran kredit? Terima Kasih.

(Ega di Denpasar)

Jawaban

Jual beli barang dengan sistem kredit ( dengan harga yang biasanya lebih mahal dari pada jual beli dengan cara kontan ) diperbolehkan dalam Islam, apabila tidak ada unsur ribanya. Dan unsur riba tersebut biasanya terdapat dalam klausul dalam akad yaitu ” apabila terlambat dalam mengansur, maka terkena denda “. Nah denda itulah tambahan yang disebut riba yang karenanya menjadi haram.

Karenanya, jika akad pembelian laptop anda tersebut tidak ada unsur ribanya, maka laptop anda menjadi halal, yang karenanya rezeki yang anda dapatkan juga halal hukumnya.

Demikian,semoga Allah senantiasa berkenan membimbunh kita semua kejhalan yang diridhoi-Nya

Wallahu a’lam bishshawab

Wassalamu ‘alaikum wrwb

 (Agung Cahyadi, MA)

Posted by on June 13, 2012. Filed under Konsultasi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

One Response to Hukum Kredit dalam Islam

  1. yeki Reply

    December 28, 2012 at 6:51 am

    assalamualaikum ustad bagaimana dengan hukum nyea jka seorang yang bekerja dalam perkreditan yang mencari nasabah apakh halal rejeki nyea?maksih ustad.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>