Socialize

FacebookTwitterYoutube

Kakak-beradik Akad Bersamaan Bagaimana Hukumnya?

Assalamu’alaikum wr wb
ustadz yang InsyaAlloh dimuliakan olehNya, saya ingin bertanya jika ada kakak-beradik (saudara kandung) ingin melakukan akad dan walimatul ursy secara bersamaan (secara waktu dan tempat) bagaimana hukumnya? karena saya pernah dengar itu tidak boleh dilakukan, apakah ada tuntunannya? mohon penjelasan.

(nanda di jakarta)

JawabanWa’alaikumussalam wrwb.

Dalam Islam tidak ada larangan bagi seseorang untuk melaksanakan akad nikah berbarengan dengan sudara-saudaranya kandung.

Dalam kajian Islam nikah termasuk dalam kategori ” fiqih mu’amalah ” yang hukum asalnya adalah mubah/boleh, selama tidak ada dalil yang melarangnya. Dan oleh karena tidak ada dalil yang melarang untuk  melaksanakan akad bersama dengan saudara kandung atau dengan yang bukan saudara, maka akad nikah dan walimah bersama itu diperbolehkan.

Wallahu a’lam bishshawab

Wassalaamu ‘alaikum wrwb (Agung Cahyadi, MA)

Posted by on December 18, 2012. Filed under Konsultasi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>