Socialize

FacebookTwitterYoutube

Apa hukum Bertato dalam Islam?

Ustadz, selama ini saya punya tato hampir 10 tahun mulai dari sekolah SMU. pertanyaan saya 1.apakah saya boleh sholat dengan membaca alquran? 2.apakah saya boleh menjadi iman sholat? 3.saya sudah terlanjur membuat tato , apakah solat saya diterima dengan allah ? (agus di jambi)

Jawaban

Assalaamu ‘alaikum wr.wb.

Islam melarang dan mengharamkan  ummatnya untuk bertato dan men-tato demikian sebagaimana disabdakan Rasulullah saw dalam hadist shohih:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: لَعَنَ اللهُ الْوَاصِلَةَ وَالْمُسْتَوْصِلَةَ وَالْوَاشِمَةَ وَالْمُسْتَوْشِمَةَ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda: “Allah Subhanahu wa Ta’ala melaknati wanita yang menyambung rambutnya, dan yang meminta untuk disambungkan, wanita yang mentato dan meminta ditatokan.” (Shahih, HR. Al-Bukhari no. 5933 dan dari sahabat Ibnu ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma no. 5937)

Bagi seorang muslim – yang karena ketidak tahuannya – telah bertato, kemudian meyadari dan mengetahui bahwa hal tersebut terlarang, maka ia harus bertaubat, kalau bisa dan tidak membahayakan, dengan menghilangkan tatonya, dan kalau tidak bisa dengan menghilangkan tatonya, karena -setelah dipastikan secara medis- akan membahayakan, maka insya Allah cukup dengan bertaubat dengan cara ; segera menyesali perbuatannya, berjanji untuk tidak akan mengulang kembali, dan memperbanyak istighfar dan bermal sholih.

Apabila taubatnya dilakukan dengan sebenar-benarnya, insya Allah akan menerima taubatnya dan insya Allah, semua ibadahnya yang sesuai tuntunan, akan diterima oleh Allah. Wallahu a’lam bishshawaab.

Wassalaamu ‘alaikum wr.wb.

 (Agung Cahyadi, MA)

Posted by on April 25, 2013. Filed under Fiqh,Kajian. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>