Socialize

FacebookTwitterYoutube

Mewakilkan Wali Nikah ke Hakim karena Tidak disetujui Ortu

Pertanyaan

Assalamu’alaikum wr. wb.

Orang tua saya masih ada, tetapi karena tidak menyetujui pernikahan kami maka kami menggunakan wali hakim. Sah apa tidak pernikahan tersebut?

Wassalamu’alaikum wr. wb.

Jawaban

Wa’alaikumussalam wr. wb.

Para ulama berpendapat bahwa wali yang berhak untuk menikahkan seorang wanita ialah ‘ashabah/kerabat laki-laki ayah, dengan urutan sebagai berikut: ayah, kakek, anak laki-laki kebawah, saudara laki-laki kebawah, paman kebawah dan hakim.

Hakim sebagai wali, urutannya yang paling terakhir, karenanya ia (hakim) baru diperkenankan menjadi wali dari seorang wanita, apabila  wanita tersebut tidak mempunyai wali, atau walinya yang paling berhak (secara berurutan) mengizinkan kepada hakim tersebut untuk mewakilinya.

Dan tidak setujunya wali sah atas pernikahan seorang wanita tidak dengan sendirinya membenarkan seorang hakim untuk menjadi wali dari seorang wanita.

Wallahu a’lam bishshawab.

Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

Posted by on January 31, 2012. Filed under Konsultasi,Pernikahan & Keluarga. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

One Response to Mewakilkan Wali Nikah ke Hakim karena Tidak disetujui Ortu

  1. Hamba Allah Reply

    October 16, 2012 at 5:54 pm

    Apakah ada batas umur dalam menjadi wali ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>