Socialize

FacebookTwitterYoutube

Sudah Jatuh Talak Tiga Bagaimana Cara Rujuknya?

Assalamualaikum ust, Saya seorang Istri sudah 2 tahun menikah masih belum punya anak,1 tahun yang lalu kami bertengkar karena ia dalam keadaan mabuk, lalu saya marah kepadanya dan saya mengungkit kata “cerai”, tanpa saya sadari suami mengucapkan kata cerai. 2 hari kmudian Ia mngajak rujuk, sy mnrimanya.

pada awal bulan April 2012 kami bertengkar lagi dan ia bilang say sudah siap pisah dengan kamu. dan lagi kami rujuk kembali. pada hari ini saya bertengkar lagi. saya mancing kemarahanya dan saya mgungkit masalah cerai lagi. Dan Ia sagat marah. dia berkata “ya saya pisah dengan kamu”.
Yang ingin saya tnyakan
1)bagaimana hukumnya bila ingin rujuk kembali?
2)sudahkah jatuh talak 3?
3)kalaupn jatuh talak 3 äpa masih bisa mnjdi suami Istri kmbali?

Terima kasih, (kholida di bondowoso)

Jawaban

 Wa’alaikumussalam wr wb.

Kata ” cerai ” apabila diucapkan oleh seorang suami dan ditujukan kepada istrinya yang sah, maka telah jatu talaq, dihitung semenjak kata “cerai” tersebut diucapkan.

Dan apabila hal tersebut terulang tiga kali, maka telah jatuh talak tiga, dan apabila telah jatuh talak tiga, maka disebut dengan ” talak bain”, yang hukumnya tidak boleh rujuk kembali, kecuali si wanita tersebut menikah dengan laki-laki lain, kemudian diceraikan oleh suami barunya tanpa ada unsur rekayasa.

Wallahu a’lam bishshawab

Wassalam ‘alaikum wrwb

 (Ust.Agung Cahyadi, MA)

Posted by on December 10, 2012. Filed under Konsultasi. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>